Resep Salad Buah Yoghurt Saus Mayonaise Keju Ala Resto : Panduanibu

Resep Salad Buah Yoghurt Saus Mayonaise Keju Ala Resto
Share ke Facebook Share ke Twitter

Sempet baper gara-gara postingan bunda Nur Azizah di Bbm. Critanya dia ini punya bisnis makanan homemade gitu, jadi kerjaannya selain cooking dan baaking ya share-share hasil masakannya buat di jual. Mendadak ngiler pas dia ganti DP BBM nya jadi gambar salad buah dalam cup kecil yang kayanya seger banget. Di statusnya sih dia bilang *yuk di order salad buah yoghurt saus mayonaise keju, murah loh cukup 10rb saja*.

Dalam hati pengin banget tuh ke rumahnya terus icip-icip salad buah hasil karyanya sampai puas. Tapi sayang seribu sayang rumah saya dengan bunda Nur Azizah ini cukup jauh. Kalau naik motor santai ya kira-kira 1 jam-an, mana cuaca lagi panas banget. Jadi ++++ deh malasnya!

Akhirnya sedikit kepo dan coba-coba tanya resep salad buah yoghurt saus mayonaise keju yang dia jual. Tadinya sempet mikir sih, ini kan salad buah untuk jualan dan pasti resepnya di privasi. Tapi memang orangnya baik, jadi tanpa basa basi dia pun menjelaskan bahan membuat salad buah lengkap dengan step by step cara membuatnya.

Ternyata cukup simple untuk membuat salad buah ala resto yang tampilannya cantik dengan rasa yang premium. Kuncinya ada di saus mayonaise nya bun, jadi nanti pakai saus mayonaise siap pakai tapi di racik lagi dengan di tambahkan susu kental manis putih lengkap dengan parutan keju cheddar di atasnya. Kalau ingin menggunakan saus mayonaise seger yang dibuat sendiri juga, bunda bisa lihat resepnya di sini Resep Mayonnaise Homemade Sehat. Di jamin makin endess deh salad buahnya.

Selain menggunakan buah-buahan segar, di dalam resep salad buah ala Pizza Hut ini saya menambahkan potongan nutrijel yoghurt. Kalau ingin menambahkan yoghurt cair boleh-boleh saja. Tapi kami sarankan pakai yoghurt plain saja, biar rasanya tidak bentrok dengan saus mayonese nya. Menurut Wikipedia, kata salad ini berasal dari Bahasa Latin “sal” yang berarti “garam. Pada saat itu garam merupakan bumbu yang penting untuk memberikan rasa bagi makanan.

Sedangkan kata “sal” diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno menjadi salade dan di akhir abada ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atay sallet. Jadi pada zaman dahulu salad untuk dessert atau hidangan penutup biasanya hanya sayuran yang dipotong-potong lalu di bumbui dengan sedikit garam. Berbeda dengan sekarang yang dapat mengkombinasikan antara salad buah dan salad sayur dengan saus lezat sesuai selera.

Salad versi orang luar sana siraman / dressing salad biasanya memakai yoghurt, mayonaise, saus keju, air perasaan jeruk nipis / lemon, saus cabai atau whippedcream. Berbeda dengan saladnya orang Indonesia yang menggunakan bumbu kacang / bumbu rujak dengan rasa pedas manis gurih. Untuk saladnya orang Indonesia a.k.a rujak sudah kami bagikan di Resep Rujak Buah Sambal Kacang. Rasanya seger juga di makan saat cuaca panas begini, awas cabainya jangan banyak-banyak ya biar tetap ramah di perut.

 

Yowis, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Salad Buah Yoghurt Saus Mayonaise Keju super enak seperti berikut ini.

Step By Step Cara Membuat Salad Buah Yoghurt Rumahan

Bahan Salad Buah (Bisa Sesuaikan Selera dan Kebutuhan) :
Nutrijel yoghurt 1 bungkus (masak sesuai petunjuk, lalu potong-potong dadu)
Nanas
Semangka
Mangga
Melon
Anggur
Stroberry

Siraman / Dressing :
Mayonaise maestro 2 sachet (cukup 1 sachet untuk porsi kecil)
Susu kental manis putih 3 sachet (cukup pakai 1 sachet jika cuma pakai 1 sachet mayonaise)
Air jeruk nipis / lemon

Topping :
Keju cheddar 1 blok (parut)
Langkah Membuat Salad Buah Keju Mayonaise :
Buah : Potong dadu semua buah-buahan dan nutrijel. Kemudian campur semua di dalam satu wadah yang cukup besar.
Saus Mayonese : Silahkan buah saus mayonaise dengan mencampur mayonaise beserta susu kental manis putih, sedikit taburan keju dan air jeruk nipis. Aduk rata.
Terakhir tuang saus mayonaise ke atas buah-buahan lalu taburkan keju parut di atasnya.
Segera sajikan, nyammm!
Selain di buah juice (jus) atau smoothies, buah-buahan memang paling enak di jadikan salad sederhana. Buahnya bisa pakai bermacam-macam buah agar tidak cepat bosan. Jika ingin membuat salad untuk diet yang biasa di pakai dalam Diet Seminggu, kami sarankan jangan menggunakan saus mayonaise dan keju. Lebih baik pakai yoghurt saja agar pencernaan semakin baik dan lancar.

Salad buah alias fruits salad ini paling enak disajikan dalam keadaan dingin, jadi jangan lupa dinginkan dahulu buah-buahan yang akan di pakai ke dalam kulkas. Lalu sebaiknya sesaat setelah di racik segera disajikan karena jika terlalu lama didiamkan akan berair.

Selain menggunakan buah-buahan di atas, buah lain yang enak dipakai membuat salad buah adalah kiwi, jeruk, pisang, apel, pepaya, buah naga putih/merah atau selada. Anything you like Enak juga loh kalau diberi campuran jagung manis rebus. Dan ternyata memang enak dan seger banget loh saus mayonese nya di beri air jeruk nipis. Rasanya nano-nano, ada asam manis seger gitu.

Selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan Resep Salad Buah Yoghurt Saus Mayonaise Keju Ala Resto. Semoga bermanfaat

Jika dirasa bermanfaat dan membantu, jangan lupa share ya bun..
makasih

Sumber :